Tips Pencahayaan agar Kamar Tidur Anda Semakin Nyaman

Memilih lampu kamar untuk dipasang di kamar tidur Anda tentunya tidak bisa disamakan dengan lampu yang ada di ruang kerja atau lampu di ruang makan.

Agar kamar menjadi lebih nyaman dan siap Anda gunakan untuk beristirahat, sebaiknya lampu memang tidak asal dipasang tepat di bagian tengah langit-langit di atas kepala Anda.

Lampu yang sangat terang akan membuat Anda silau dan kurang rileks saat beristirahat. Lagipula jika Anda ingin suasana yang terang untuk membaca sebelum tidur, Anda bisa menggunakan lampu baca, kan. Berikut ini beberapa jenis penerangan untuk kamar tidur Anda, seperti dikutip dari Rumah.com.

Concealing lighting

Biasanya digunakan oleh hotel atau resor, yaitu pencahayaan lampu yang ditempatkan secara tak terlihat. Biasanya cahaya berpendar di sudut tertentu, misalnya di bawah alas rak dinding Anda.

Meski tersembunyi, cahayanya tetap terlihat dan memberi kesan meneduhkan. Biasanya menggunakan warna cahaya yang kekuningan.

Ambient lighting


Contoh penggunaan down light dan lampu gantung untuk menciptakan nuansa hangat yang alami.
Ambient lighting adalah pencahayaan yang menentukan nuansa utama di ruangan. Misalnya, nuansa hangat dengan warna kuning, atau nuansa sejuk dengan warna putih kebiruan.

Ambient lighting bisa didapat dengan menggunakan chandelier atau lampu gantung, atau lampu utama lainnya. Ambient lighting berasal dari sumber cahaya yang berpendar sehingga nuansa yang dimunculkan terasa alami.

Down lighting


Nuansa hangat (cahaya kuning) yang diperkuat oleh pendar cahaya lampu gantung

Lampu ini mirip lampu sorot, yaitu mengarah ke salah satu bagian kamar. Biasanya digunakan untuk menyorot lukisan atau foto yang Anda pajang di dinding. Tipe pencahayaan down lighting membuat dinding menjadi lebih sejuk dan menenangkan mata Anda saat melihatnya.

Recessed lighting


Semacam downlight, namun memiliki rumah yang lebih artistik.
Lampu tetap ditempatkan di langit-langit, namun ditambahkan ruang kecil untuk setiap lampunya. Ruang kecil ini tak hanya membuat langit-langit menjadi lebih cantik, tapi cahaya yang dikeluarkan lampu menjadi lebih ‘bersahabat’ dengan mata Anda.

Wall lighting


Wall lighting, tujuannya agar terang lampu tidak silau, karena menyebar dan memantul dari dinding.

Sesuai namanya, lampu tidak ditempatkan di plafon, melainkan menempel pada dinding kamar Anda. Bedanya lampu yang digunakan biasanya tak terlalu terang, melainkan lebih temaram. Jenis pencahayaan seperti ini umumnya digunakan untuk lampu tidur.

Foto: Pixabay

0 Response to "Tips Pencahayaan agar Kamar Tidur Anda Semakin Nyaman"